ShoutMix chat widget

ShoutMix chat widget

+(^_^)+

Selasa, 10 Mei 2011

Islam di Negeri Sungai Gangga



Berbagai kebudayaan dan gaya hidup masyarakat India, menjadi makin beragam dengan hadirnya Islam di negeri yang mempunyai sungai Nil dan sungai Gangga yang Indah. Selain dibangun Universitas Al-Azhar di Mesir, Universitas Islam terbesar di dunia, Darul Ulum Deoband menjadi sejarah bisu lambang supremasi peninggalan masyarakat muslim di masa silam masih berdiri kokoh..

Budaya Islam di India Islam telah tercermin dalam segala aspek kehidupan masyarakat Muslim India semenjak awal kedatangan Islam di negeri itu. Hal ini dapat dilihat dari perkembangan Islam yang semakin hari semakin meningkat seiring dengan perputaran waktu dari masa ke masa. Di India, kita akan melihat masyarakat Muslim yang benar-benar menikmati kehidupan dengan penuh gairah dan semangat yang tinggi. Sehingga tidaklah mengherankan jika kita banyak menjumpai masyarakat Muslim, baik itu orang tua, remaja bahkan anak-anak yang benar-benar menjalani kehidupan ini secara Islami. Kehidupan yang Islami ini tercermin dalam perilaku dan sikap mereka sehari-hari.
seimbang dengan jumlah umat Islam di Indonesia. Jumlah masyarakat Muslim di India ini masih tertinggal jauh jika dibandingkan dengan jumlah penduduk yang beragama Hindu, pengikut agama terbesar di India. Namun, orang-orang non Muslim di India juga memiliki sikap toleransi yang cukup tinggi. Dan sikap toleransi ini juga hanya dimiliki oleh mereka yang memang telah mengetahui Islam itu secara benar. Melalui sikap toleransi ini pula, maka
perselisihan antar suku, golongan atau agama dapat dihindari, terlebih lagi, menghindari prasangka buruk yang ada di benak orang-orang yang non-Muslim.
Islam Agama minoritas
Islam adalah agama minoritas di India, namun sejarah telah membuktikan, umat Islam India telah memberi kontribusi yang begitu besar bagi negara yang berada di Asia Selatan itu. Di era millenium baru ini, Islam merupakan agama terbesar kedua di tanah Hindustan. Dan saat ini, total pemeluk Islam di India mencapai 151 juta jiwa atau 13,4 persen dari total penduduk negara itu. Dengan jumlah Muslim sebanyak itu, India menjadi negara dengan populasi Muslim terbesar ketiga setelah Indonesia dan Pakistan.

Menurut satu versi, pertama kali Islam tiba di India pada abad ke-7 M. Adalah Malik Ibnu Dinar dan 20 sahabat Rasulullah SAW yang kali pertama menyebarkan ajaran Islam di negeri itu. Saat itu, Malik dan sahabatnya menginjakkan kaki di Kodungallur, Kerala. Kedatangan Islam pun disambut penduduk wilayah itu dengan suka cita. Pada wilayah itulah, Islam lalu menyebar ke seantero India. Malik kemudian membangun masjid pertama di daratan India di wilayah Kerala. Masjid pertama yang dibangun umat Islam itu bentuknya mirip dengan candi, tempat ibadah umat Hindu. Bangunan masjid itu diyakini dibangun pada tahun 629 M.
Universitas Islam Terbesar Kedua Setelah Universitas al-Azhar
Sebagai universitas Islam pertama di India, dari dulu hingga saat ini, Darul Ulum telah mengalami perubahan yang sangat besar. Lembaga pendidikan ini memiliki andil yang sangat besar dalam penyebaran islam di India. Darul Ulum Deoband didirikan pada tanggal 15 Muharram tahun 1283 Hijriyah, bertepatan dengan tanggal 1 Mei 1866, pada masa penjajahan Inggris. Dan dengan masuknya koloni Inggris dan jatuhnya negeri India ke dalam penjajahan Britania, rakyat India dari kalangan Muslim dan non Muslim bangkit melakukan perlawanan bersenjata. Namun, penjajah dengan peralatan militer yang jauh lebih lengkap dan modern berhasil memadamkan api perlawanan rakyat itu dengan melakukan pembantaian besar-besaran di sana. Tak terhitung berapa ribu orang yang gugur dalam gerakan melawan tentara penjajah. Darul ulum juga memiliki andil yang sangat besar dalam gerakan nasional kemerdekaan. Tidak salah jika dikatakan, bahwa sejarah India kontemporer tidak mungkin bisa dipisahkan dari Universitas Darul Ulum Deoband. Di Darul Ulum, para tokoh pergerakan Islam melakukan aktivitas pencerahan budaya, sosial, agama dan pemikiran Islam untuk mendukung perjuangan kemerdekaan. Dan di sana pulalah para ulama dan cendekiawan berjuang mempertahankan nilai-nilai dan aqidah Islam dari serangan budaya koloni Inggris.

Darul Ulum menjadi inspirator bagi para cendekiawan Muslim untuk mendirikan lembaga pendidikan Islam di berbagai penjuru negeri Hindustan. Darul Ulum telah mencetak banyak sarjana dan pemikir Islam yang aktif dalam mempertahankan nilai-nilai Islami di India. Satu hal yang membedakan Darul Ulum dari lembagalembaga pendidikan lainnya adalah posisinya sebagai universitas Islam pertama di India yang dibangun dengan swadaya masyarakat lokal. Banyak yang meyakini bahwa setelah Universitas Al-Azhar di Mesir, Universitas Islam terbesar di dunia adalah Darul Ulum Deoband di India.* (sy)
sumbet: muzakki.com

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More